Loading...

Jumat, 09 November 2012

Sumber Energi dan Kegunaannya

Energi di sekitar kita.
Energi adalah tenaga. Energi dilakukan untuk melakukan kegiatan, Energi tubuh manusia berasal dari makanan. Oleh karena itu, manusia harus makan dan minum. Setelah makan, manusia menjadi lebih bertenaga. Tenaga yang manusia peroleh dari makanan kita gunakan untuk bekerja.
Sumber energi berasal dari bahan bakar, baterai, listrik. Bahan bakar meliputi gas, bensin, minyak tanah, solar. Sumber energi digunakan untuk menghasilkan panas, bunyi, cahaya. Misalnya saja dalam panas kompor, setrika, dispenser. Dalam bunyi misalnya radio, televisi, jam beker. Dalam cahaya misalnya lampu, lilin, senter.
Macam-macam energy :
Beberapa bentuk energy, contohnya energy panas, energy listrik, energy cahaya, dan energi bunyi.
Energy panas dapat dirasakan. Matahari dan api dapat menghasilkan energy panas. Matahari adalah sumber energy terbesar di bumi. Panas matahari berguna dalam kehidupan. Energi panas juga bias berasal dari listrik.
Cahaya adalah bentuk energy. Energy cahaya dapat menerangi suatu tempat. Tempat yang gelap menjadi terang. Energi cahaya cuja memancarkan panas. Jika dinyalakan terlalu lama, lampu akan terasa panas.
Bunyi adalah sesuatu yang dapat didengar. Radio menghasilkan energy bunyi. Radio mengeluarkan suara music. Sumber energy radio biasanya dari baterai atau listrik.

energi yang sering kita gunakan adalah energi listrik. Cara menggunakan listrik sangatlah mudah, cukup dihubungkan dengan sumber listrik yaitu stop kontak. Listrik digunakan untuk menhidupkan radio, televisi, lampu, setrika, mesin pompa air, dan lain-lain. Sumber energi yang juga digunakan adalah baterai karena baterai mudah dibawa ke segala tempat. Sumber energi lain yang digunakan adalah minyak tanah, gas, bensin, dan solar. Minyak tanah digunakan pada lampu sumbu dan kompor minyak tanah. Sumber energi yang paling banyak digunakan di gunakan di jalan adalah bensin dan solar. Bensin dan solar mudah terbakar dan menghasilkan panas tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar